Selasa, 27 Januari 2015

Makna dan Arti Lagu The Spirit Carries On - Dream Theater

Selamat malam sobat
setelah vakum cukup lama dari dunia blogger.Kali ini saya mencoba menulis kembali tentang makna-makna dari lagu" yang entah kenapa saya ingin sekali membahas nya.


" If I Die Tomorrow.. I'd Be Allright... Because i Believe.. That After We've Gone.. The Spirit Carries On.."




 Sepenggal lirik lagu dari Dream Theatre yang berjudul The Spirit Carries On. Lagu yang menurut saya memiliki makna yang sangat dalam terkait dengan perjalanan hidup kita sebagai manusia. Seperti lagu-lagu sebelumnya, entah apa maksud dari sang pencipta lagu, sebagai penikmat lagu, kita tentu bebas mengartikan dan memaknai sendiri lagu apapun yang kita dengarkan. Sebelum kita terjemahkan secara bebas, yuk disimak lirik dan artinya sesuai dengan lirik.

Where did we come from
Dari mana kita berasal?
Why are we here?

Mengapa kita berada di sini?
Where do we go when we die?

Kemana kita akan pergi saat kita meninggal nanti?
What lies beyond

Apakah ini hanya kebohongan belaka?
And what lay before?

Apa yang sebenarnya terjadi sebelum semua ini?
Is anything certain in life?

Apakah segala sesuatu dalam hidup ini sudah merupakan kepastian?


They say, "Life is too short"

Mereka berkata "Hidup ini terlalu singkat"
"The here and the now"

Hanya di sini dan saat ini saja
And "You're only given one shot"

Dan "Kamu hanya diberikan satu kesempatan saja"
But could there be more,

Tapi bisa jadi lebih dari itu
Have I lived before,

Apakah aku pernah hidup sebelumnya?
Or could this be all that we've got?

Atau memang hanya inikah yang telah kita dapatkan?

If I die tomorrow

Seandainya aku meninggal esok hari
I'd be all right

Aku akan baik-baik saja
Because I believe

Karena aku meyakini
That after we're gone

Bahwa setelah aku meninggal nanti
The spirit carries on

Jiwa ini akan tetap ada

I used to be frightened of dying

Dulu aku takut menghadapi kematian
I used to think death was the end

Dulu aku berpikir bahwa kematian adalah akhir
But that was before

Tapi itu terjadi dulu
I'm not scared anymore

Aku tak takut lagi saat ini
I know that my soul will transcend
Aku tahu bahwa jiwaku akan berpindah

I may never find all the answers

Aku mungkin tak akan pernah menemukan jawabannya
I may never understand why

Aku mungkin tak akan pernah memahami mengapa
I may never prove

Aku mungkin tak akan pernah bisa buktikan
What I know to be true

Apakah yang aku tahu sebelumnya itu benar
But I know that I still have to try

Tapi aku tahu bahwa aku masih akan terus coba menemukannya

If I die tomorrow
Seandainya aku meninggal esok hari
I'd be all right

Aku akan baik-baik saja
Because I believe

Karena aku meyakini
That after we're gone

Bahwa setelah aku meninggal nanti
The spirit carries on

Jiwa ini akan tetap ada

[Victoria:]
"Move on, be brave

Bergeraklah, jadilah pemberani
Don't weep at my grave

Jangan menangis di kuburanku
Because I am no longer here

Karena aku tak lama berada di sini

But please never let
Your memory of me disappear"

Tapi mohon jangan pernah biarkan kenangan tentang aku menghilang

[Nicholas:]
Safe in the light that surrounds me

Terjaga dalam cahaya yang mengelilingiku
Free of the fear and the pain

Bebas dari ketakutan dan rasa sakit
My questioning mind

Pikiranku yang selalu bertanya
Has helped me to find

Telah membantuku untuk menemukan
The meaning in my life again

Sebuah makna dalam hidupku kembali
Victoria's real

Victoria benar
I finally feel

Aku akhirnya merasakan
At peace with the girl in my dreams

Dalam kedamaian mimpi bersama gadisku
And now that I'm here

Dan tahu bahwa aku di sini
It's perfectly clear

Semuanya telah benar-benar jelas
I found out what all of this means

Aku telah temukan arti dari semua ini



If I die tomorrow
Seandainya aku meninggal esok hari
I'd be all right

Aku akan baik-baik saja
Because I believe

Karena aku meyakini
That after we're gone

Bahwa setelah aku meninggal nanti
The spirit carries on


Jiwa ini akan tetap ada

Kalau dirunut alurnya, barangkali memang akan menjadi cukup kesulitan dimaknai secara keseluruhan. Jadi mari kita pahami arti dan makna lagu The Spirit Carries On milik Dream Theater ini sesuai dengan apa yang kita bisa tangkap.

Pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan di awal lagu ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang akan membuat kita ngeh mengenai jatidiri kita sebagai manusia.
- Dari mana kita berasal?
- Mengapa kita diciptakan?
- Kemana kita akan pergi setelahnya?

Saat kita mau merenungkan betul apa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, maka seharusnya kita akan semakin menyadari bahwa kita adalah hamba Tuhan. Hamba artinya pengikut, anak buah, yang dipimpin, rakyat, yang tentu saja harus tunduk dan patuh kepada "BOS"nya. 

Dari mana kita berasal? Kita berasal dari Tuhan. Mengapa kita diciptakan? Untuk beribadah kepada Tuhan. Ke mana kita akan pergi setelahnya? Kita akan pergi kembali menghadap Tuhan. Semua jawabannya, ujung-ujungnya kembali kepada DIA, Dzat yang menciptakan kita. 

Lirik selanjutnya dari lagu Spirit Carries On milik Dream Theater ini masih melanjutkan dari pertanyaan-pertanyaan sebelumnya. Menceritakan tentang kegelisahan seseorang mengenai hidup yang sedang dijalani saat ini. 

Apakah semua dalam hidup itu memang sudah ditentukan? Apakah kita pernah hidup di masa lalu sebelum kita dihidupkan lagi di masa sekarang? Apakah hanya sekali saja kita diberikan kesempatan hidup? Akh... bagi beberapa orang barangkali ini pertanyaan tidak penting, tapi bisa jadi berbeda bagi orang yang lainnya. Seandainya rasa penasaran ini bisa ter-manage dengan baik, bisa jadi justru membawa penanya ke arah pencerahan seperti yang diharapkan.

Pada lirik selanjutnya (reff dan seterusnya), penulis lirik lagu The Spirit Carries On ini seolah menceritakan bahwa akhirnya dia menemukan makna hidup yang sesungguhnya. Bahwa hidup hanyalah persinggahan sementara di dunia ini. Menyadari bahwa yang mati adalah raganya, tidak jiwanya. Jiwanya akan tetap hidup. Artinya kematian bahkan bukanlah akhir dari kehidupan sebenarnya. Takut menghadapi kematian itu adalah hal yang wajar. Namun yang lebih penting adalah bagaimana kita mempersiapkan kematian kita, leaving a great legacy. Agar kenangan kebaikan tentang diri kita atau apa yang telah kita perbuat, bisa terus ada walaupun secara fisik kita sudah tidak ada di dunia ini.

Lirik lagu The Spirit Carries On ini memang cukup unik. Saking dalamnya maknanya atau  bisa jadi saking ruwetnya alur yang dimunculkan. Kalau kita lihat lagi di liriklirik selanjutnya, barangkali kita bisa menerka bahwa pencerahan yang didapatkan salah satunya melalui mimpi yang dirasakan. Mengenai kebebasan dari rasa sakit dan ketakutan. Mengenai ketenangan karena dikelilingi oleh cahaya. Karena dia telah kembali ke Sang Maha Cahaya, kembali ke asal muasal dia diciptakan.

Kemudian terbangun, dan kembali menyampaikan bahwa 

If I die tomorrow

I'd be all right


Because I believe


That after we're gone


The spirit carries on


yah... The Spirit Carries On... The Spirit Carries On...

Menarik sekali bukan lirik lagu The Spirit Carries On-nya milik Dream Theater ini? Yaa... sekali lagi terjemahan lagu The Spirit Carries On yang saya tulis ini hanya versi saya saja. Benarnya seperti apa yaa Wallahu A'lam...hehehe...

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila berkomentar harap sopan