Jumat, 24 Februari 2012

MESIN


Uraian

Seperti kita ketahui roda-roda suatu kendaraan memerlukan adanya tenaga luar yang memungkinkan kendaraan dapat bergerak serta dapat mengatasi keadaan,jalan,udara,dan sebagainya.Sumber dari luar yang menghasilkan tenaga disebut MESIN.Mesin merupakan alat yang merubah sumber tenaga panas,listrik,air,angin,tenaga atom,atau sumber tenaga lainnya menjadi tenaga mekanik ( mechanical energy ). Mesin yang nerubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik di sebut motor bakar ( thermal engine ).

Motor bakar ada beberapan. Mesin bensin,mesin diesel,mesin turbin dan lain-lainnya, yang menghasilkan tenaga panas yang dihasilkan dari dalam mesin itu sendiri,disebut motor pembakaran dalam ( internal combustion engine ). Sebagai contohnya, mesin bensin,mesin diesel,mesin turbin.Tenaga panas yang di hasilkan di luar dari mesin itu sendiri di sebut motor pembakaran luar ( External Combustion Engine ).

Mesin yang tenaga nya di gunakan pada mobil harus kompak,ringan dan mudah ditempatkan pada ruangan yang terbatas. Selain itu mesin harus dapat menghasilkan kecepatan yang tinggi dan tenaga yang besar,Mudah di oprasikan dan sedikit menimbulkan bunyi.Oleh karena itu mesin bensin dan diesel lebih banyak digunakan pada kendaraan.

KARAKTERISTIK

Mesin Bensin : - Kecepatannya tinggi dan tenaga nya besar

- Mudah pengoprasiannya

- Pembakaranya sempurna

- Umumnya digunakan untuk mobil penumpsng dan kendaraan truk yang kecil dan sebagainya.

Mesin Diesel : - Efesiensi panasnya tinggi

- Bahan bakar hemat

- Kecepatan lebih rendah di bandingkan dengan mesin bensin

- Getaran nya besar dan agak berisik

- Harganya lebih mahal

- Umum nya mesin dapat digunakan untuk kendaraan jarak jauh ( Kendaraan niaga,truk besar dan sebagainya )

Mesin bensin 4A-F Mesin diesel 2L

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila berkomentar harap sopan