Selasa, 14 Februari 2012

Pompa injeksi

Pompa injeksi biasanya di pasang di bagian sisi mesin dan di gerakan oleh crankshaft melalui timing gear atau sebuah timing belt.
Ada dua tipe pompa injeksi : tipe in-line da tipe distributor

1.Pompa injeksi tipe in-line
Feed pump menghisap bahan bakar dari tangki bahan bakar yang telah di saring oleh filter filter ke pompa injeksi.Pompa injeksi tipe in-line mempunyai cam dam plunger yang jumlahnya sama dengan jumlah silinde pada mesin.Cam menggerakan plunger sesuai dengan timing order mesin.Gerak lurus bolak balik dari plunger ini menekan bahan bakar dan mengalirkan nya ke injection nozzel melaui delivery valve.Delivery valve memegang dua peranan penting : mencegah aliran bahan bakar dari injection nozzel untuk menghentikan injeksi dengan cepat.
Plunger di lumasi oleh bahan bakar diesel dan cam shaft oleh minyak pelumas mesin.Governor mengatur banyaknya bahan bakar yang di semprotkan oleh injection nozzel dengan menggeser control rack.Governor di bedakan dalam dua tipe yaitu : Simple mechanical centrifugal governor dan combined governor yang merupakan kombinasi antara pneumatic governor.Timing injeksi bahan bakar di atur oleh automatic centrifugal timer.Timer mengatur putaran camshatf.Mesin mati jika control rack di gerakkan ke arah akhir bahan bakar.
 

2.Pompa injeksi tipe Distributor

Bahan bakar diesel dibersihkan oleh water sedimenter dan fuel filter di letakan ke rumah pompa injeksi oleh vane type feed pump yang mempunyai empat buah vane.Bahan bakar melumasi komponen pompa pada saat mengalir ke pump plunger.Sebagian bahan bakar kembali ke tangki melalui overflow screw sambil mendinginkan bagian-bagian pompa yang di lewatinya. Pump plunger bergerak lurus bolak bali sambil berputar karena bergeraknya drive shaft,camplete,tappet rollers,plunger spring dan bagian-bagian lainnya.
Gerakan bolak-balik plunger menaikan tekanan bahan bakar dan menekan bahan bakar melalui delivery valve ke injection nozzel.Mechanical governor mengatur banyaknya bahan bakar yang di semprotkan dari nozzel dengan menggerakan spill ring sehingga merubah  saat akhir langkah efektif plunger.Fuel injection timing di atur oleh preasure dan timer itu sendiri di atur oleh tekanan dari feed pump posisi tapped roller di ubah oleh timer untuk mengatur injection timing.Mesin mati bila injeksi bahan bakar berakhir pada saat di starter switch off,arus yang mengalir ke cut-off solenoid plunger,akibatnya pengisian bahan bakar akan berhenti dan mesin mati.


3 komentar:

  1. Bila timer menunjukkan putaran R (right), maka pada saat kita test di test bench. begitu injection pump dipasangkan ke test bench. maka untuk memutar RPM ke arah R (right) di test bench, tombol yg kita tekan R atau L putarannya di test bench arah jarum jam atau lawan jarum jam ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. putar ke R (right) atau searah jarum jam gan

      Hapus
  2. Bro, lagi cari mekanik FIP untuk pekanbaru - RIAU. ada yang berminat? Hub saya ya. di email : giatrgoup_pku@yahoo.co.id

    Trims Alot

    BalasHapus

Bila berkomentar harap sopan